05 Maret 2019   12:01 WIB

HPSN 2019, Wujudkan Kesamaan Langkah dan Kepedulian dalam Pengelolaan Sampah

HPSN 2019, Wujudkan Kesamaan Langkah dan Kepedulian dalam Pengelolaan Sampah

HPSN 2019, Wujudkan Kesamaan Langkah dan Kepedulian dalam Pengelolaan Sampah

Sesuai amanat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya yang dibacakan oleh Bupati Blora pada apel siaga Hari Peduli Sampah Nasional menjadi momentum oleh semua pihak dalam mewujudkan langkah dan kepedulian pengelolaan sampah. Bupati Blora, Djoko Nugroho mengingatkan untuk melakukan aksi nyata kepedulian terhadap sampah.

Dalam apel siaga Hari Peduli Sampah Nasional (4/3), bertempat di TPA Temurejo, Blora, yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai lapisan masyarakat, baik dari masyarakat umum, TNI, Polri, Organisasi Perangkat Daerah, serta Forkopimda yang ada di Kabupaten Blora. Selain itu, turut mengundang perwakilan dari sekolah – sekolah yang ada di Kabupaten Blora. Tema yang diangkat dalam HPSN 2019 kali ini ialah “Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat, dan Bernilai” sebagai bentuk Revolusi Mental yang digagas oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Blora mengingatkan kepada Organisasi Perangkat Daerah untuk tidak lagi menggunakan botol plastik saat rapat dan acara, “saya minta teman – teman SKPD tidak ada lagi rapat – rapat menggunakan botol plastik, gelas plastik, silahkan dirumuskan dan di formulasikan di instansi masing – masing, mungkin awal berat, tapi lama – lama akan terbiasa” papar Djoko Nugroho, selaku Bupati Kabupaten Blora.

Masalah sampah memang menjadi masalah yang serius, karena mendapatkan perhatian nasional dan juga internasional, terutama kaitannya sampah laut dan sampah plastik. Sampah – sampah tersebut memberikan akibat yang bahaya bagi manusia dan juga satwa yang hidup, apabila masuk ke dalam saluran pencernaan.

Ir. Dewi Tedjowati selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora dalam laporannya menyebutkan sejak tanggal 15 Februari 2019 telah dilakukan berbagai agenda untuk menyambut Hari Peduli Sampah Nasional 2019, diantaranya dengan kegiatan bersih – bersih di sekitar jembatan Pakis, kemudian bersih – bersih sepanjang jalan Ahmad Yani, dari Taman Mustika sampai simpang empat Karangjati. Selanjutnya kegiatan yang sama dilakukan dari Sirkuit Super Mario sampai TPA Temurejo.

Selain kegiatan tersebut, Ir. Dewi Tedjowati menambahkan telah melakukan talkshow di salah satu radio dengan kepolisian dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, serta akan melakukan kegiatan kebersihan setiap hari Jum’at. Kemudian kegiatan lainnya yang akan dilakukan ialah bersih – bersih sungai Grojogan dan Pasar Induk Blora.

Di tempat yang sama, Bupati Blora berpesan kepada pelajar, “bicara mengenai sampah, ini adalah untuk orang – orang yang tinggi pikirannya dan tinggi hatinya, memang hasil secara fisik dan nominal tidak ada. Adiwiyata, kebersihan, dan lingkungan hidup lebih penting dibandingkan nilai matematika, dan lebih penting dibandingkan nilai bahasa inggris”, tegas Djoko Nugroho.

Dalam sambutannya pula, Bupati Blora mengajak semua masyarakat dan juga perangkat daerah untuk sadar dan terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan dari sampah “Kedepan saya ingin semua terlibat, nanti kalau ada pengajian di alun – alun, yang membersihkan jangan dari tenaga kebersihan, yang membersihkan yang menyelenggarakan pengajian sendiri, yang pinjam pendopo juga, bersihkan sendiri, ini adalah pendidikan agama kita, kebersihan sebagian dari iman”, pungkas Djoko Nugroho.

Selain itu, dalam apel siaga Hari Peduli Sampah Nasional juga dibagikan bingkisan sembako untuk masyarakat yang berhak menerima, serta pemberian gerobag sampah dan tong sampah  secara simbolis, serta terdapat stand pemeriksaan kesehatan.


Info