11 Maret 2022   06:43 WIB

SERAH TERIMA PENGELOLAAN PEMBANGUNAN TPA DAN PENGADAAN ALAT BERAT TPA TEMUREJO BLORA

SERAH TERIMA PENGELOLAAN PEMBANGUNAN TPA DAN PENGADAAN ALAT BERAT TPA TEMUREJO BLORA

SERAH TERIMA PENGELOLAAN PEMBANGUNAN TPA DAN PENGADAAN ALAT BERAT TPA TEMUREJO BLORA

Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) I Jawa Tengah secara resmi menyerahkan pengelolaan Pembangunan dan Alat Berat kepada Pemerintah Kabupaten Blora, Kamis (10/3/2022).

Penyerahan ditandai dengan penandatanganan Dokumen Kepala Satker Wilayah I BPPW jateng, Dwi Atma Singgih Raharja Sabaris, ST dengan Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., di dampingi pejabat PPK Sanitasi Satker Pelaksana Prasarana Pemukiman Wilayah I Jateng, Rhiza Chairinna Widya, ST dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blora, Istadi Rusmanto, ST., MM

Adapun yang hadir dalam acara tersebut adalah Kepala SKPD terkait dari DPUPR, Inspektorat, Dinas Sosial P3A, Bappeda, dan Forkopimcam Blora.

Usai penandatanganan berita acara serah terima, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako dan tali asih oleh Bupati Blora kepada para pemulung yang kesehariannya bekerja di TPA Temurejo untuk memilah sampah,dan upacara potong pita pada Exavator/alat berat dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) I Jawa Tengah, kemudian Bupati mencoba mengoperasionalkan Exavator/alat berat yang digunakan sebagai alat untuk penunjang pengelolaan sampah di TPA.

Bupati Blora H. Arief Rohman, S. IP., M. Si mengatakan, "Terimakasih kepada Kementerian PUPR dan Dirjen Cipta Karya yang telah membantu pembangunan TPA Temurejo Blora ini, dengan sistem Sanitary Landfill bantuan dari Kementerian PUPR ini, kita berharap pengolahan sampah di Kabupaten Blora bisa lebih baik lagi dan tidak mencemari lingkungan dan kualitas air tanah".

Beliau juga menambahkan, "Keberadaan pemulung sangat penting peranannya dalam pengelolaan sampah, dan peran masyarakat juga perlu dilibatkan untuk pengelolaan sampah dari sumbernya".

Bupati Blora berharap di masing - masing Kecamatan memiliki TPS3R seperti yang telah ada di Blora (Purwosari) dan Kedungtuban (Wado), kedepan diharapkan Kabupaten Blora semakin mantap dalam pengelolaan sampah dan siap menjadi percontohan di Jawa Tengah.

Kepala Satker Wilayah I BPPW Jawa Tengah, Dwi Atma Singgih Raharja Sabaris dalam sambutannya mengungkapkan," Kementerian PUPR mengharapkan agar apa yang telah dilakukan dapat bermanfaat dan berkelanjutan bagi Kabupaten Blora,TPA Temurejo telah dibekali dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) kepada operator, jika dilakukan sesuai SOP yang benar dan konsisten penggunaan alat akan lebih maksimal dan perawatan lebih terkendali".

Pada sesi terakhir dilakukan pelepasan burung oleh Bupati Blora, Kepala OPD serta Satker yang hadir sebagai simbol Serah Terima secara resmi TPA Sanitary Landfill Blora.


Info