30 Maret 2022   10:14 WIB

Pameran Kreasi Daur ulang MUSRENBANG RKPD 2023 DLH Kab. Blora

Pameran Kreasi Daur ulang MUSRENBANG RKPD 2023 DLH Kab. Blora

Pameran Kreasi Daur ulang MUSRENBANG RKPD 2023 DLH Kab. Blora

Dalam rangka Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) RKPD Tahun 2023 "Pengembangan Sumber daya Manusia dan Infrastruktur Pendukung Perekonomian Daerah Serta Pemantapan Tata Kelola Pemerintah" yang di adakan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kab. Blora pada tanggal 30-31 Maret 2022, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blora turut menyemarakkan dan membuka stand pameran daur ulang sampah.

Berbagai macam kerajinan berbahan dasar sampah khususnya sampah plastik turut dihadirkan seperti ecobrick, vas dan bunga, tempat sampah, kotak tisu, dll. Beberapa diantaranya adalah hasil dari Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah Plastk yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blora beberapa waktu yang lalu.

Pemilihan tema Daur ulang ini dilakukan sebagai upaya mengajak masyarakat khususnya dalam penanganan sampah, yakni salah satunya dengan memanfaatkan sampah untuk didaur ulang menjadi karya yang bernilai seni dan ekonomis.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan barang bekas sehingga dapat membuka inovasi dan kreativitas untuk pribadi maupun lembaganya bersama-sama menerapkan 3R = Reduce (mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, Reuse (menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya), Recycle(mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat).


Info