16 Agustus 2022   10:50 WIB

DLH Blora gelar Lomba Mural "Generasi Z Blora peduli Ke Hati" tahun 2022

DLH Blora gelar Lomba Mural

DLH Blora gelar Lomba Mural "Generasi Z Blora peduli Ke Hati" tahun 2022

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora menggelar lomba lukis mural  SMA/SMK/MA negeri dan swasta pada Rabu (3 Agustus 2022).

Lomba mural digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahuun RI ke-77, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blora menggelar Lomba Mural dengan  tema Generasi Z Blora Peduli  Hati.

“Jadi lomba ini diadakan dalam rangka HUT RI ke-77, ada 16 orang yang mengikuti lomba lukis mural”, jelas Istadi Rusmanto, ketua DLH Blora, menjelaskan: Istadi Rusmanto, ST., MM , Rabu (8 Maret 2022).
Dikatakannya, kebetulan di depan DLH Blora ada space (dinding) yang bisa digunakan untuk lomba tembok tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Blora.
Artinya, melalui lomba mural, Kota Blora dipercantik dan diperindah. Kalau cantik dan indah orang melihat akan senang/ bahagia, kalau bahagia kesehatannya juga terjaga”, imbuhnya.

Sebelumnya kegiatan telah dimulai dari tanggal pendaftaran pada bulan Juli lalu, dilanjutkan dengan seleksi penilaian yang dikirimkan dalam bentuk sketsa pada media kertas kemudian tim juri menenetapan kelolosan di babak final. Para finalis yang lolos inilah yang nantinya berhak mengikuti proses lanjutan pada media dinding yang telah dipersiapkan oleh panitia secara undian.

Menurut Istadi Rusmanto, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kreativitas generasi muda yang cinta lingkungan dan mencegah pencemaran dan perusakan lingkungan.

“Itulah tujuannya Kegiatan ini  untuk merangsang kreativitas siswa khususnya SMA/SMK/MA, dengan menyalurkan bakat dan seni mural tematik, tentunya pembelajaran bertema lingkungan”.

“Melalui lomba mural, siswa dapat menampilkan bakat dan seni grafiti (grafiti indah) dan lukisan bertema lingkungan, ”katanya lebih lanjut.

Atas keputusan dewan juri, juara pertama lomba mural, SMKN 1 Cepu. Juara II, SMAN 1 BLORA. Juara III, SMAN 1 Tunjungan. Kemudian juara keempat, SMAN 1 Blora. Juara V, SMK PGRI Cepu.  VI memenangkan SMAN 1 Tunjungan.
Masing-masing mendapatkan tropi dan sertifikat serta tunjangan total sebesar Rp7.000.000,00 untuk enam pemenang.

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM mewakili Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si menyaksikan dan mengapresiasi kegiatan lomba mural ini, beliau berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan oleh DLH saja, tetapi juga dilakukan oleh OPD/ Instansi lain sehingga seluruh masyarakat dan pelajar dapat menyalurkan bakat dan menjadikan Kabupaten Blora menjadi lebih indah.


Info