04 Oktober 2022   08:55 WIB

Galakkan pengelolaan sampah, DLh Blora gelar Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah Plastik

Galakkan pengelolaan sampah, DLh Blora gelar Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah Plastik

Galakkan pengelolaan sampah, DLh Blora gelar Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah Plastik

Sampah plastik merupakan masalah paling pelik yang dihadapi dunia saat ini, perlu tekad dan gerakan besar untuk menangani masalah sampah yang setiap harinya selalu bertambah.

Salah satu cara pengelolaan sampah plastik adalah dengan sistem 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blora mengadakan Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah Plastik di Gedung lantai II pada Kamis (29 September 2022).

Lomba diikuti oleh perwakilan TP PKK Desa/ Kelurahan se Kab. Blora, diantaranya adalah Desa/ Kelurahan  Sendangrejo Kec. Bogorejo, Beran Kec. Blora, Sogo Kec. Kedungtuban, Cepu Kec. Cepu, Tunjungan Kec. Tunjungan, Dologan Kec. Japah, Cabak Kec. Jiken, Jomblang Kec. Jepon, Temengeng Kec. Sambong, Randublatung Kec. Randublatung, Doplang Kec. Jati, Trembulrejo Kec. Ngawen. Mendenrejo Kec. Kradenan, Plosorejo Kec. Banjarejo, Tawangrejo Kec. Kunduran, dan Kec. Todanan yang total keseluruhan sebanyak 16 perwakilan dari masing-masing Kecamatan.

Kepala Bidang PPKLH (Peningkatan Kapasitas Dan Penanganan Pengaduan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup) DLH Kab. Blora Hadi Rokhmiyati, SP, MM dalam sambutannya menyampaikan, "Tujuan dilaksanakannya lomba ini adalah untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah plastik, jadi nantinya ibu-ibu yang tidak memperoleh juara tidak perlu berkecil hati.

Beliau berharap nantinya seluruh peserta lomba yang hadir saat ini dapat menggerakkan semangat warga masyarakat di masing-masing wilayah Desa maupun Kelurahan dan Kecamatan setempat untuk menjadi pelopor dalam melakukan pengelolaan sampah terutama sampah plastik.

Kegiatan lomba dilaksanakan dengan sistem setengah jadi, sehingga dalam beberapa jam yang ditentukan seluruh peserta telah menyelesaikan karya yang akan dilakukan penilaian langsung oleh para juri, adapun yang keluar sebagai juara pada kegiatan tersebut adalah :

  1. Juara I Kel. Cepu Kec. Cepu
  2. Juara II Kel. Beran Kec. Blora 
  3. Juara III Ds. Cabak Kec. Jiken

Penyerahan hadiah berupa piala dan uang pembinaan turut dilangsungkan dihari itu.


Info