11 Oktober 2022   14:12 WIB

Antisipasi perubahan iklim, DLH Blora gelar sosialisasi Program Kampung Iklim

Antisipasi perubahan iklim, DLH Blora gelar  sosialisasi Program Kampung Iklim

Antisipasi perubahan iklim, DLH Blora gelar sosialisasi Program Kampung Iklim

Sosialisasi Program Kampung Iklim (PROKLIM) di Desa Kedungringin dan Desa Sambongrejo Kec. Sambong Kab. Blora

Seperti diketahui sedikit demi sedikit perubahan iklim sudah terasa, tidak hanya di Kabupaten Blora bahkan diseluruh lapisan dunia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perubahan iklim melalui pelaksanaan Proklim dan mendorong masyarakat khususnya Kabupaten Blora untuk berpartisipasi dalam Program Kampung Iklim.

Program Kampung Iklim (PROKLIM) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK (Gas Rumah Kaca) serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan ditingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Salah satu manfaat Program Kampung Iklim adalah meningkatnya ketahanan masyarakat dalam menghadapi variabilitas iklim dan dampak perubahan iklim.

Sosialisasi dilaksanakan di 2 (dua) tempat yaitu Desa Kedungringin Kec. Tunjungan pada tanggal 4 Oktober 2022 dan Desa Sambongrejo Kec. Sambong pada tanggal 5 Oktober 2022. Peserta sosialisasi meliputi Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blora, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, komunitas / masyarakat kelompok tani dan Lembaga Swadaya Masyarakat, Aparatur Kelurahan / Desa, maupun tokoh masyarakat Desa rawan kebakaran setempat bersama narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah dan Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Blora.


Info