24 Maret 2021   10:11 WIB

Pelatihan Pengelolaan Sampah

Pelatihan Pengelolaan Sampah

Pelatihan Pengelolaan Sampah

 Pelatihan pengelolaan sampah yang diselenggarakan oleh Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKerLH) DLH Kabupaten Blora pada tanggal 15 s/d 18 Maret 2021, diikuti oleh perwakilan pengurus PKK dan Bank sampah dari Kelurahan Ngelo, Desa Getas, dan Desa Kapuan Kec. Cepu, Desa Gersi Kec. Jepon, Desa Sambongrejo Kec. Sambong, dan Desa Ngraho Kec. Kedungtuban mendapatkan respon yang sangat positif dari seluruh anggota pelatihan saat itu.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, limbah koran yang diolah menjadi tempat tisu, vas, dan tempat pensil dapat bernilai ekonomis dan memiliki nilai jual sehingga dapat menambah penghasilan". Terang Nunuk (Ketua bank sampah "Uwuh berseri" Kelurahan Ngelo Kec. Cepu). Selain itu plastik kresek bekas yang diolah menjadi tas cantik ini di Blora belum pernah ada, jadi ini adalah peluang bisnis teman - teman di bank sampah untuk bisa lebih meningkatkan ekonomi mereka, imbuhnya. 

Beliau berharap Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blora terus memberikan support dan pelatihan bagi PKK dan bank sampah di seluruh Kabupaten Blora agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya pengelolaan sampah.

Sampah plastik yang dibuang sembarangan bila dibiarkan akan menumpuk dan menimbulkan pemandangan yang tidak sedap. Juga akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan aliran sungai yang tersumbat dapat menyebabkan banjir. Plastik akan mengganggu penyerapan air ke dalam tanah, senyawa kimia yang terkandung dalam plastik dapat menyebabkan pencemaran tanah. Bila dibakar, asapnya mengandung senyawa dioksin yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

Salah satu upaya untuk mengurangi sampah utamanya sampah plastik adalah dengan pengelolaan sistem 3R baik secara langsung dari sumbernya (rumah tangga) ataupun melalui bank sampah. 

 

Salam 3R


Info